Jakarta, Sarjana dan Bulan April

Merintis usaha, jadi hal yang menyenangkan pula menantang. Memasuki bulan ke 2 setelah jadi sarjana. Kesibukanku sekarang ini ada dalam dua perusahaan yg kubangun bersama teman.

Rezeki datangnya tanpa disangka. Semua orang bisa jadi rezeki dan atau pintu rezeki manusia lainnya.

Bekerja, berkarya jadi hal yang melebur walau punya nuansa nilai yang berbeda. Kalian yang menginspirasi, pemodal pemutar uang yang tak pertimbangkan dampak pada makhluk lainnya. Kenapa? Percaya bahwa setiap manusia punya sudut baik yang berbeda? Baik mu baiku berbeda. Semua punya cara. Seberapa banyak sudut pandang kebaikan yang kau selesaikan? Baiku baikmu mungkin berbeda. Baikku bisa jadi sengsaramu atau sebaliknya.

Temanku ingatkan, bahwa satu aksi kecilmu pasti perdampak pada semesta. Sekecil apapun, kita hidup dalam sistem organ, di ruang yang penuh sistem dan kepentingan yang berbeda. Baikku apa benar? Baikmu apa benar? Yang mana kebenaran jika satu masalah kau selesaikan, tapi menimbulkan masalah lain yang lebih banyak. Baiku baikmu harus jadi benar bagi banyak pihak, manusia besar, manusia kecil, hewan-hewan yang damai, para klorofil.

Kita yang mengejar mimpi. Sudah ku ucap pada tulisanku tentang tembakau. Kita berlomba dalam kebaikan, orang baik tak boleh diam. Dan yang baik tak datang dengan hal yang mudah. Uang jadi hal yang tabu.
_____________
Mobilitas

Bandung – Jakarta bisa jadi satu minggu tiga kali. Jakarta jadi tempat dagang. Perusahaan atau perorangan. Pabrik mobil asal jepang, R&D tempat rekreasi terbesar dan juga Cake favorit Diva ibukota adalah syukurku dalam pengap, cepat, tergesa-gesanya metropolitan. Aku mulai kenal Jakarta dengan angkuhnya yang menjulang. Daya juang penuh dedikasi, sepenuh keringat di bawah terik.

Bu, aku ini urban survivor yang hidup seperti Salmon…….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s