DRR in School, Aksi Kolaborasi Sadagori RT & BDSG

Kalau kalian sering lihat sadagori dalam postinganku, itu karena aku anak sadagori. Sadagori ini selain organisasi pecinta alam yang kegiatannya tentang penjelajahan, olahraga ekstrim dan pendataan alam. Kami juga mulai merambah gerakan dalam bidang yang lain, yang kaitannya tetap pada upaya kami menjaga alam.

Adalah Sadagori Response Team. Sebuah kumpulan orang yang fokusnya tentang kebencanaan. Awalnya kami terjun di bidang SAR (search and resque) dimana kami memberikan pertongan dan pencarian korban bencana seperti korban longsor, kecelakaan dalam ORAD, orang hilang di gunung dll.

Tapi karena mayoritas dari kami adalah mahasiswa yang kegiatan utamanya adalah kuliah. SAR menuntut kami bertindak langsung (responsif). Maklum saja, bencana datang tanpa kita duga. Nah disini kami bertemu dengan keterbatasan kami. Dalam SAR, tim harus mampu siap siaga terjun langsung sebagai relawan ketika bencana tiba. Disitulah kami merasa harus merubah strategi yang sesuai dengan kapasitas kami.

Oleh karena itu pergerakan kami menjadi beragam. Setelah kami mendapat pelatihan Sphere Project (minimum standards in core areas of humanitarian assistance.) Kami memilih fokus pada Assesment bencana. Jadi tindakan kami adalah mendatangi lokasi bencana untuk mendata keadaan dan kebutuhan disekitar wilayah bencana. Setelah itu hasil Assesment ini kami olah dan kami sebarkan kepada banyak pihak. Untuk menginformasikan kebutuhan dari para korban bencana. Aksi kami ini merupakan aksi setelah bencana datang.

Setelah berbincang dan berdiskusi sana-sini, dipimpin oleh kumendan kami Theo. Ternyata pendidikan pra bencana ini juga penting adanya. Akhirnya kami sepakat untuk membuat program baru. Yaitu gerakan Disaster Risk Reduction atau biasa disebut DRR. Jadi dengan metode ini bencana bisa dikurangi resikonya, dengan pengetahuan bencana dan juga aksi didalamnya. Ada rumusnya gitu sih tapi agak ribet ya kalo dijelasin. hehe.

Yaudah langsung disimak aja gambar2 dibawah ini yaa…

Slide2.PNG

HITAM PUTIH HUTAN.png

Slide11.PNG

Disini kami tidak sendiri, kami berkolaborasi dengan Bandung Disaster Studi Group atau BDSG. Tim BDSG inilah yang banyak mengonsepkan materi DRR. Ini dia alur materi yang biasa kami sajikan kepada adik-adik di Sekolah Dasar.

xbanner drr pesta hutan (1).png

Oh selain itu, ada pula teman-teman yang ikut berbagi sebagai volunteer yang luar biasa. Yang mana setiap sabtu harus bangun dan berangkat pagi-pagi ke Cisarua untuk berbagi kebaikan. Wih luar biasa terimakasih kami…

Slide12.PNG

Semoga masih melekat dasar-dasar ilmu yang kami bagi pada adik-adik ini. Begitupun dengan kami, semoga kami diperkenan bertemu pada tahap selanjutnya. Karena saat ini keterbatasan membuat kami belum bisa menjangkau apa yang kami impi. Tapi inilah yang pernah kami bagi.

Slide3.PNG
Dari kiri kekanan (Atas) Jek, Theo, Aprin, Angga, Mega, Ina, Frista, Ulek.

 


behind the scene

10806331_1507098406205081_8859528538215752137_n
Ambulan ini pernah mengantar kami masuk ke Dusun Bambu. Haha!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s